Ibu Perlu Tahu, Inilah 5 Imunisasi Wajib Bagi Bayi

Pemberian imunisasi pada bayi sangatlah penting. Hal ini dibutuhkan bayi untuk membantu pembentukan antibodi dari bayi tersebut. Mengingat pada usia ini bayi masih sangat rentan terkena penyakit. Meskipun banyak rumor mengenai pemberian imunisasi, namun dengan pemberian imunisasi ini dapat mencegah bayi tertular oleh penyakit menular seperti campak dan cacar air. 


Pemerintah Indonesia pun menggalakkan untuk pemberian imunisasi wajib pada bayi sebelum usia satu tahun. Berikut adalah imunisasi wajib untuk bayi Anda.

1. Hepatitis B

Pemberian vaksin Hepatitis B ini dapat melindungi bayi dari penularan ketika sudah beranjak dewasa. Disamping itu, vaksin ini dapat mencegah penularan dari ibu saat proses persalinan. 

Proses pemberian vaksin ini pun harus segera setelah bayi dilahirkan. Paling lambat adalah dua belas jam setelah lahir. Selanjutnya pemberian vaksin ini diulangi ketika bayi berumur satu bulan dan enam bulan, guna memperkuat sistem imun dari bayi tersebut. 

2. Polio

Polio merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Pemberian vaksin polio sejak dini dapat mencegah bayi terserang penyakit ini. 

Pemberiannya pun memiliki beberapa rangkaian, yaitu saat berumur 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, dan terakhir pada usia 6 bulan. Dampak yang cukup fatal ini menyebabkan pemberian imunisasi pada bayi sangat penting. 

3. Campak

Penyakit campak atau rubella, merupakan penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan yang selanjutnya menjalar ke seluruh tubuh. Penyakit ini pun sangat umum menyerang anak-anak. 

Pemberian vaksin campak akan membantu menurunkan risiko anak tertular dan sebagai bentuk pencegahan agar anak tidak menderita campak berat yang dapat menimbulkan pneumonia hingga gangguan pada otak.

4. BCG

Pemberian vaksin ini untuk mencegah bayi terkena penyakit tuberkulosis atau yang akrab disebut TBC. Pemberian imunisasi ini cukup diberikan satu kali saja, yaitu ketika bayi berumur tiga bulan atau dapat diberikan pada usia dua bulan untuk mengoptimalkan kinerja dari vaksin tersebut. 

5. Pentavalen (DPT-HB-HiB)

Vaksin ini merupakan vaksin kombinasi dari beberapa vaksin, yaitu DPT, HB, dan HiB. Pemberian vaksin ini dapat mencegah bayi dari enam penyakit sekaligus, diantaranya adalah difteri, hepatitis B, tetanus, pneumonia, meningitis, dan pertussis. Anda dapat memberikan vaksin ini pada bayi berusia 2 bulan, 4 bulan, dan 18 bulan. 

Demikian adalah imunisasi wajib yang harus Anda berikan kepada bayi Anda. Anda dapat memperoleh vaksin ini secara gratis pada layanan kesehatan milik pemerintah, seperti posyandu. Yuk, segera berikan imunisasi pada bayi Anda!

Share:

1 komentar:

Terkini

Label