5 Kiat Menata Interior untuk Rumah Ukuran Kecil

Memiliki rumah yang indah dan nyaman adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Untuk memiliki rumah yang nyaman, Anda tidak perlu memiliki lahan atau tanah yang luas. Meskipun rumah yang saat ini Anda miliki berada di lahan yang tidak terlalu luas dan memiliki ukuran kecil, Anda bisa tetap membuat rumah tersebut tampak indah dan nyaman dengan pemilihan desain interior rumah yang tepat. 


Berikut beberapa kiat dan cara yang bisa Anda lakukan pada rumah mungil Anda agar bisa tampak indah dan nyaman.

1. Mengurangi penggunaan sekat

Tembok-tembok yang menjadi sekat atau pemisah setiap ruangan bisa membuat rumah yang luas sekalipun akan menjadi tampak sempit. Maka, jika Anda memiliki rumah dengan ukuran yang mungil, ada baiknya Anda mengurangi penggunaan sekat-sekat antar ruangan. 

Buatlah ruangan-ruangan rumah dengan konsep open space yang menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu. Selain bisa membuat rumah menjadi lebih luas, Anda juga bisa membuat suasana antar anggota  keluarga di dalam rumah menjadi lebih dekat dan akrab.

2. Gunakan furniture minimalis

Pemilihan berbagai furniture di dalam ruangan juga bisa menciptakan kesan tersendiri pada rumah tersebut. Agar ruangan tidak terlihat sempit, gunakanlah furniture-furniture dengan konsep minimalis dan manfaatkan setiap spot untuk menyimpan furniture yang Anda perlukan. 

Trik lainnya adalah jangan menyimpan furniture menempel pada dinding, misalnya pada cara penempatan sofa. Berilah ruang antara sofa dengan dinding agar ketika ada cahaya matahari masuk bisa menghasilkan bayangan yang memberi ilusi ruangan tampak lebih luas.

3. Menggunakan warna-warna cerah

Agar ruangan tidak terkesan sempit, Anda bisa menggunakan warna-warna cerah untuk interior rumah Anda. Warna-warna cerah bisa memberi kesan ruangan lebih terang dan luas dan juga bisa memantulkan cahaya matahari yang masuk sehingga rumah tidak terkesan suram. Pilihlah cat dinding dengan warna putih atau warna-warna netral lainnya. 

4. Menggunakan cermin

Cara ini juga sering dipakai banyak orang untuk menciptakan ilusi ruangan yang tampak lebih luas, hanya saja Anda harus menggunakannya di titik-titik yang tepat. Taruhlah dekorasi cermin di tempat-tempat yang strategis, misalnya di tempat-tempat yang terkena pantulan sumber cahaya. 

Anda juga bisa menggantung cermin di ruangan yang sempit secara bersebelahan. Pilihlah cermin dengan bingkai yang cantik agar bisa semakin memperindah dekorasi rumah Anda.

5. Jendela dan tirai yang besar

Rumah dengan jendela yang besar akan bisa membuat cahaya matahari yang masuk menjadi lebih maksimal. Pencahayaan yang cukup ini bisa membuat rumah Anda yang mungil terkesan lebih besar dan luas. Selain itu, jendela yang besar juga bisa membuat sirkulasi udara yang masuk ke rumah menjadi lebih lancar dan hal ini tentu baik bagi kesehatan para anggota keluarga yang berada di rumah. 

Anda bisa mengkombinasikan jendela yang besar dan lebar ini dengan penggunaan tirai yang lebar dan tinggi. Penggunaan tirai yang tinggi akan menciptakan kesan langit-langit yang lebih tinggi sehingga memberi kesan rumah menjadi lebih luas secara vertikal.

Itulah beberapa tips rancangan interior rumah yang bisa Anda lakukan untuk Anda yang memiliki rumah dengan ukuran yang mungil. Dengan desain interior dan penempatan furniture yang tepat, rumah Anda bisa tetap terlihat indah dan nyaman meskipun ukurannya mungil dan berada di lahan yang sempit. Ini akan membuat Anda dan anggota keluarga yang lain betah untuk berada di rumah. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label