Inilah 5 Komponen Motor yang Mudah Rusak

Komponen pada sepeda motor sangatlah beragam mulai dari bagian yang terlihat dengan jelas hingga komponen kecil yang tersembunyi di dalam mesin. Komponen dengan kualitas tinggi tentu memiliki harga yang lebih fantastis tak terkecuali seperti harga Nmax 2020. Setiap hari motor yang Anda pakai tersebut akan terkena panas, debu dan hujan. Hal tersebut menyebabkan penurunan performa kerja bagi setiap komponen. 

Kerusakan komponen yang ada pada sepeda motor membuat performa sepeda motor Anda menurun dan tidak optimal. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan, keamanan dan tentu keselamatan Anda dalam berkendara. Penting bagi Anda untuk secara rutin mengecek dan mengganti komponen tersebut. 



Komponen Sepeda Motor yang Mudah Rusak

Supaya Anda bisa menjaga dan merawat sepeda motor kesayangan, berikut ulasan terkait komponen sepeda motor yang mudah rusak:

1. Busi

Busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik dari koil untuk kemudian disalurkan menjadi percikan api. Percikan tersebut akan membakar bahan bakar dan udara pada ruang mesin sebagai langkah akhir proses kompresi. Meskipun dilengkapi dengan tutup yang dapat menghindarkan dari kebocoran arus sambungan, nyatanya air yang sering masuk tidak dapat dicegah sepenuhnya. Inilah mengapa komponen ini mudah rusak jika terlalu sering terkena air.

2. Kampas Rem

Sebagai komponen vital dalam sepeda motor, kampas rem justru sering mengalami kerusakan. Bahaya yang ditimbulkan pun tidak main-main. Letaknya yang berada dekat dengan ban membuat kampas rem mudah terkena kotoran air, lumpur dan pasir.  

Kotoran tersebut jika dibiarkan menumpuk dan tidak dibersihkan maka akan menyebabkan suara yang berdecit saat rem digunakan. Semakin menumpuknya kotoran pada kampas rem, fungsi rem juga akan mengalami penurunan. 

3. Mesin

Bagian mesin inilah yang sangat berperan besar dalam berjalannya proses pembakaran pada sepeda motor. Mengingat harga Nmax 2020 yang berubah-ubah bisa saja disebabkan spesifikasi mesin yang semakin hari semakin bagus. 

Mesin pada sepeda motor akan mudah terguyur hujan dan terkena cipratan kotoran. Jika jarang dibersihkan maka mesin yang seharusnya mendapatkan sirkulasi udara yang baik akan mengalami overheat. Hal ini akan mengurangi performa kecepatan kendaraan Anda pula. 

4. Knalpot

Sebagai tempat pembuangan gas hasil pembakaran, knalpot justru menjadi sasaran air hujan yang paling rentan. Ketika air tidak bisa keluar dari knalpot atau berada dalam knalpot, hal tersebut akan menutup pintu pembuangan hasil pembakaran.

Selain itu, knalpot yang jarang dibersihkan juga akan mudah berkarat. Meskipun tidak memiliki pengaruh besar terhadap performa, tetapi knalpot yang berkarat akan mempengaruhi estetika motor Anda. 

5. Ban

Tidak bisa dipungkiri bahwa tugas dan fungsi ban langsung berkaitan dengan gesekan yang ada pada jalan raya dan medan lainnya. Gesekan yang ditimbulkan tersebut akan dapat mempengaruhi kondisi ban dimana ban akan semakin menipis dan mudah rusak. Penting bagi Anda untuk mengganti ban yang sudah halus untuk menghindari tergelincir saat berkendara. 

Itulah kelima komponen sepeda motor yang mudah rusak dan harus sering Anda cek. Sebab hal tersebut berpengaruh besar terhadap performa sepeda motor Anda. Setidaknya Anda bisa survei harga Nmax 2020 terbaru dahulu jika ingin membeli sepeda motor baru kemudian pastikan komponen yang ada pada sepeda motor tersebut mudah didapatkan. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah memperoleh komponen baru ketika Anda ingin menggantinya.  

Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi baru untuk Anda.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label